Kamis, 07 Oktober 2010

BALAPAN LIAR MASIH MARAK DI BANDA ACEH

Balapan liar masih marak di Banda Aceh
Warta
WASPADA ONLINE

BANDA ACEH - Balapan liar yang digelar di sejumlah ruas jalan protokol di Kota Banda Aceh masih marak terjadi meskipun sejak dua bulan terakhir aparat kepolisian mulai berpatroli menertibkan aksi tersebut.

"Sudah dua bulan ini kami menurunkan petugas di lokasi-lokasi yang selama ini kerap dijadikan arena balapan, namun aksi tersebut tetap dilakukan," kata Kasat Lantas Poltabes Banda Aceh, Kompol M Zaki, di Banda Aceh, malam ini.

Dikatakan, sejak dua bulan terakhir Polisi lalu lintas (Polantas) diturunkan di lokasi balap liar seperti di kawasan jalan T Panglima Polem, Lampineung serta rutin melakukan patroli.

Namun disebut-sebut, lokasi balapan liar yang mengganggu lalulintas itu sudah ditertibkan berpindah ke daerah lain di Kota Banda Aceh seperti di kawasan Ulee Lheue.

Menurutnya, hal tersebut terjadi karena kurangnya kesadaran dan tidak adanya disiplin berlalu lintas. Aktivitas balap liar tersebut sangat mengganggu dan sangat berbahaya bagi pengguna jalan lainnya.

Balapan liar tidak hanya membahayakan pengendara yang biasanya remaja tapi juga mengganggu pengguna jalan. Balapan liar bahkan sampai merenggut korban jiwa di kawasan Blangbintang pada April 2009.

Menyikapi kondisi lalu lintas di ibukota Provinsi Aceh itu saat ini mulai mengalami macet, disebutkan bertambah mengganggu dengan balapan yang dilakukan para remaja tersebut.

Kemacetan yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir itu sebagai sesuatu yang wajar dan merupakan ciri-ciri dari kota maju. Sepanjang 2009 tercatat penambahan kendaraan bermotor baru di Banda Aceh mencapai 123.496 unit dengan jumlah kendaraan bermotor mencapai 852.985 unit sehingga menyebabkan kemacetan.

"Jalan tidak bertambah, tapi kendaraan semakin padat sehingga terjadi kemacetan terutama di saat-saat jam sibuk," katanya. Sepanjang 2009, tercatat adanya 31 korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di wilayah Banda Aceh, termasuk korban akibat balapan liar.
(dat08/ann)


Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar